21. Back to GOD!

Tuhan, dimana?

AKU sungguhlah dekat Bagi dia yang Bertaqwa……

********

baru dua pekan aku menjejakkan kaki di bumi pertiwi,

bahagia, sedih campur menjadi satu…

bahagia karena setelah sekian lama akhirnya aku berkesempatan bersua dengan orang tua, keluarga, sahabat…

sedih karena harus kembali meninggalkan suami tercinta…..

lebih sedih lagi karena aku baru menyadari bahwa indonesia kini jauh sudah berbeda, sayangnya bukan berbeda ke arah positif tetapi negatif…

aku merasakan indonesia kini permasalahanya penuh dengan kekompleksan yang luar biasa. Mulai masalah polusi udara, birokrat yang tidak bertanggung jawab, kebijakan diatas kertas yang berbeda dengan kenyataannya, tingkat kriminalitas yg tidak terbendung dsb. Indonesia yang saya maksud disini adalah jakarta.

Contoh paling sederhana, saya mulai sakit macem2, dan takkala saya ke dokter biaya rumah sakit di Indonesia (jakarta) jauh lebih mahal dibandingkan biaya rumah sakit saya di korea selatan.

Masyarakat indonesia pun sangat unik, orang kerap kali berkata “sabar, sabar”… Saya kerap dianggap tidak sabar dan tidak nerima. saya melihat kata sabar di konteks ini sama dengan apatis dan nerimo yah sebatas karena udah tau ujung-ujungnya ga akan ada perubahan apa-apa walaupun seseorang berusaha dengan giat melakukan sesuatu.

yah orang indonesia semakin apatis dan masa bodo dengan dirinya, lingkungan sekitarnya. yang terpenting baginya adalah bagaimana diirinya…

saya juga kerap diminta ikhlas disetiap ketidakadilan yang terjadi, ikhlas orang tidak suka karena sebatas cerita orang lain, walaupun belum tentu yang diceritakan benar adanya.

harus ikhlas walau ketidakadilan ada dimana-mana.

saya cuma berharap biarlah para pemimpin itu lalim dengan “kacamata like and dislikenya”, bukan pada mengenal orang yang baru datang dan tidak punya salah ini untuk diberi kesempatan berkembang…

saya cuma berharap akan ada signifikan perubahan pemikiran karena Allah membukakan hidayahnya…

saya cuma berharap akan ada konsistensi saya untuk senantiasa menyerahkan diri sebaik mungkin atas kehendak Allah, atas hidup saya dan memudahkan saya untuk berkumpul kembali bersama suami saya, dan meretas keluarga samara yang sama-sama kami cita-citakan.

*****

Allah, hamba memohon padaMu petunjuk dan kemudahan…

Allah, Kau lah pemilik segala kunci persoalan, MUDAHKAN seluruhnya Ya Robb!

Advertisements

20. unplaned plan

A vision!!the most valuable things in our life!
so this journey wont feel hard,so this journey wont feel long,so this journey wont feel harsh!
A vision!it’s passion in our life!so have you determine your VISION OF LIFE?
 
***************
 

 Visi, ah 4 huruf yang terlalu absurd dan sulit diimplementasikan! aku harus punya yang namanya visi!ok VISI is SET UP and i am safe! yah setelah menentukan visi tentu apa yang harus aku kerjakan ga berhenti disitu! untuk mencapa VISI i need a plan!

Plan atau rencana diperlukan untuk kita bisa mencapai VISI! tidak mungkin visi dicapai kalo kita tidak punya rencana dan tidak mungkin rencana bisa berhasil kalau kita tidak melaksanakannya sebaik mungkin!

tapi setelah ku pikir-pikir aku cape membuat rencana, karena pada akhirnya aku akan hanya terjebak mengerjakan hal-hal di luar rencana semula. apakah aku gagal? semua yang kukerjakan adalah unplaned plan! #crapp

contoh: setiap kepulanganku indonesia selalu terkait dengan force major! tahun 2010 aku pulang ke indonesia karena mas her meninggal, tahun 2011 aku pulang ke indonesia karena ayahanda meninggal, dan tahun ini 2012 aku kembali pulang ke indonesia karena adikku meninggal.

Tragisnya adikku meningal 1 bulan sbelum aku brencana pulang. yah tahun ini aku berencana pulang tanggal 23 juli dalam rangka ingin berpuasa di indonesia. tapi apatah nasib berkata lain, tiketpun harus diganti karena adikku meninggal 21 juni.

Kadang aku letih, aku sudah merencanakan dan mempersiapkan rencana A dan rencana A itu gagal total! sempat terpikir buat apa lalu membuat rencana?? apakah aku sedang hopeless, mungkin!

contoh lain soal unplaned plan adalah soal iphone4 ku yang tiba-tiba demam terus SIMCARD ga bisa dibaca terus jleb mati! lalu pergilah aku ke apple service center, aku pikir no problem kalaupun ada masalah karena aku punya asuransi untuk iphone. tapi yah another unplaned plan happen, mereka temukan air didalam iphoneku. oh, asuransipun tak berlaku mereka mewajibkan aku membeli iphone baru.jadi iphone 4 ku itu sudah harus masuk tempat sampah! ini kejadian baru saja kemarin tanggal 10 september 2012. Tepat hari ini 13 september 2012 aku lihat berita iphone 5 sudah muncul. jadi karena kembali unplaned harus kulaksanakan membeli iphone baru! ah aku sudah puas cukup dengan iphone 4 padahal!

Aku pun bercerita ke seorang sahabat soal kerap kali aku tidak beruntung dengan harus berurusan dengan UNPLANED PLAN. dia dengan bijak menjawab: “itu adalah ujian Tuhan dan bersyukurlah dengan itu”, jangan mengeluh!

ahh, sahabatku benar! aku mungkin letih dengan berbagai unplaned plan, yang tentu tidak sebagus apa yang aku rencanakan. tapi dia benar kalo aku tidak mengeluh dan bersyukur aku lebih easy going dan tidak punya beban melaksanakan uplaned di depan mata!

oh robb~ aku sangat lemah, jika boleh berilah aku kesempatan untuk melaksanakan rencana hidupku, jika unplaned plan yang harus aku kerjakan beri aku kekuatan untuk menerima dan tetap bersemangat menjalaninya.

aminn

***************************

 

 

 

19. When?

When?: When you will graduate? when you will get married? when you will have baby? when you will…….?

pertanyaan yang kerap hinggap ditelinga dari siapapun yang kerap kutemui. atau pun yang tiba-tiba kutemui tak sengaja. yes when? thats the question! 🙂

**********************

Terus terang, aku punya target! target untuk lulus, target untuk menikah, target untuk memiliki keluarga. Sudah pasti! who doesnt wanna have family? if someone doesnt want to have family, someone to love, its mean he/she is crazy ~no body likes to be alone. Problemnya selalu yah memang belum waktunya saja aku menikah, belum waktunya saja aku lulus. kesabaran teruji sudah, target pun terlewati sudah! tapi aku belajar bersyukur! tidak banyak orang yang punya kesempatan kuliah seperti aku, tidak banyak orang yang punya kesempatan untuk berlatih bersabar seperti aku.

Yah, kerap kali pun aku katakan pada bunda yang terlalu khwatir kadang, soal aku yang dianggap tidak berpikir untuk menikah. Astagfirullah tidak begitu bunda ku sayang, he just not come yet~the person “who can accept me the way i am”~the person who love me with all his heart!~the person who will be there in good and bad times!~

Aku bukanlah orang yang picky, sama sekali tidak! apa yang kupunya hingga aku jadi orang yang picky!tidak ada! aku adalah tipe orang yang hanya berusaha menjalani apa yang ada didepan mata!

jika yang ada didepan mata adalah “kewajiban untuk lulus” maka itulah yang sekarang ini aku jalani dengan sesemangat mungkin! yah aku hanya ingin lulus dan kemudian mencari kerja yang layak hingga aku bisa membiayai seluruh keluargaku sekarang!

bukan berarti aku tidak terpikir untuk menikah?sama sekali tidak! hanya aku ingin jika “waktu itu tiba” maka itu adalah waktu yang membahagiakan untuk seluruh orang yang kucintai, ibunda, keluargaku, dia sang soulmate, keluarganya dan semua sahabat kami berdua. Aku ingin banyak orang yang mendoakan kami berdua! hingga kami memang akan betul2 bahagia!

sekarang pertanyaannya, sudahkah aku menemukan dia? entahlah! hanya engkau ya Allah yang tau itu semua! aku hanya menjalani apa yang ada di depan mata! if he’s the one,buat lah kami berdua bisa melewati ini semua! jurang perbedaan! selaraskan kami selamanya! 🙂

**********************

to you: i hope our plan will smooth as we plan~i love you now and forever! thank you for making such a long plan for us. with you i am complete! love! love love! 🙂

18. It is true that I have had heartache and tragedy in my life

It is true that I have had heartache and tragedy in my life. These are things none of us avoids. Suffering is the price of being alive. 

– Judy Collins

***************

Yah hatiku berantakan, hancur!

saat itu aku ditengah shooting sebuah film “london in 2012”, menjadi figuran atas permintaan orang penting di kampusku. saat shooting itu tiba-tiba kabar itupun datang, “orang yang paling berarti dalam hidupku telah tiada”..yah literarly sudah tiada! air matapun tak terbendung keluar, aku yang sedang shaum pun tak kuasa menahan air mata yang mengalir begitu saja..yah aku tak kuasa!

sms-pun aku kirim ke sahabat dekatku,. berharap aku dapat sebuah kata-kata penguatan dari mereka !

aku merasa saat itu beban ber-ton2 jatuh ke badanku. aku lemas,tak kuasa aku menahan beban yang begitu berat ini..

telp-ku berdering saat itu, ibunda masih menangis disebrang sana…oh Tuhan, sungguh aku tak percaya ini terjadi! kerap kali ku katakan aku kuat, i am strong but i am not!!!

saat aku kehilangan ayah-handaku, saat itu aku menyesal! mengapa aku selalu mengambil keputusan yang salah!!!kenapa????

**********

satu tahun lalu: “ai kamu itu sekolah paling tinggi, kenapa sampai sekarang sedikit kontribusi kamu ke keluarga, ayah lelah” aku menjawab: tenang pak, habis ai lulus beres S3 ai mau kerja dulu di korea beberapa tahun sebelum kembali ke bapeten, nah kumpulin uang yang banyak buat bapak dan keluarga…

beberapa bulan lalu: ai bapak ini sudah tua, kamu kuliah kapan selesai??? aku menjawab:wah pak susah euy kuliah di korea, ga tau nih kapan selesai, insya allah 3 tahun lagi deh…

**********

ya Tuhan, apa sebenarnya yang aku cari?????????apa??????? sekarang aku menyesal dengan keputusan ini, keputusan untuk mengikuti keinginan professor, keinginan petinggi dibapeten…jika saja 2 tahun lalu aku putuskan untuk kembali ke indonesia dan menunda S3 ku mungkin kondisi keluarga bisa jauh lebih baik. ya Allah, apa yang harus aku lakukan.

Aku bisa dibilang tidak siap dengan semua ini, tidak siap juga dengan kondisi akhir-akhir ini sebelum bapa pergi,. aku ikhlaskan semua tabungan ku …aku pun tidak mampu pulang…bahkan saat bapak meninggal. tapi aku dan ibu tau bapa mengerti kenapa aku tidak pulang, ibu dan adik-adik jauh lebih penting dari apapun, bapak selalu ada dihati..

Ya Allah, kini aku harus sadar, sadar ya sadar! buat perencanaan dalam hidup jauh lebih simpel, ga ideal, jauh lebih mementingkan keluarga daripada diri sendiri…

aku akan lulus secepatnya bekerja keras disini, untuk bisa membiayai seluruh adik-adikku…aku tak ingin mereka tidak sekolah…mereka layak akan masa depan yang lebih baik…aku ingin bisa memberi kebahagiaan untuk ibuku, karena dialah satu-satunya orang tua yang ku punya sekarang…ya Allah mudahkanlah….

*************

17. apa yang bisa membahagiakan kita?

20110616-020113.jpg

It’s not about the money, money, money ….We don’t need your money, money, money …..We just wanna make the world dance, Forget about the Price Tag………..(Jessi J, price tag)

*********************

Money can not buy our happiness…uang tidak bisa membahagiakan kita~yang bisa hanyalah diri kita! enjoy dengan setiap apa yang kita punya~…..Yah itulah yang selalu jadi patokan saya ketika buntu, suntuk, setres, dengan berbagai permasalahan hidup…Yah saya mau hidup itu sederhana saja..bukan punya rumah makan sederhana yaa (ahh itu mah saya juga mauuu:) ) tapi artinya easy going sajalah, mengalir kayak air, ga ngoyo, ga ribet, ga rempong, ga susah, ga sumuk, yah lancar kayak jalan tol lah…mikir pun sederhana, apa yang ada di depan mata kerjakan, yang tidak ada yah sudah lah,….saya tidak mau jadi orang yang ambisius, buat apa?hidup terlalu berharga untuk diisi ke-stres-an…

karena itu, saya berusaha sebisa mungkin balance~belajar di kaist dan jalan jalan~ yah tiap weekend saya jalan saja kemana kaki melangkah, angin membawa…saya tidak peduli berapa yang saya punya di account bank, saya gesek saja kartu saya tiap bulan~mengecek rekening saja saya malas~hahaha..beneran saya tidak pernah terpikir untuk menabung selama saya kuliah di korea ini..sound crazy, but thats me!! i only want to be happy right now!!

Travelling~solo, double, triple or groups~have their own taste…saya happy apapun bentuknya travelling saya, walau cuma ke coffee shop minum kopi, enjoy baca buku, buat saya itu sudah travelling!!! I got fresh things!!! ahhh tidak pernah saya merasa senikmat ini dalam hidup~~

lalu, tarammmmmmmmm, thats worse things happen, senin minggu lalu saya kehilangan dompet saya!! bukan dompet sih tepatnya, card holder saya~card holder dimana semua kartu saya hilang!! yah kartu bank indonesia dan korea, kartu id saya indonesia dan korea, kartu membership2 saya, kartu internet banking saya, dll semua barang terberharga saya ada didalamnya…OH, i am cry !! How can i leave witthout it!!! Yah uang yang semula bukan apa-apa kemudian terasa menjadi sebuah hal yang aku butuhkan, ahh tidak ada lagi kartu yang bs di gesek. semua account bank di freezee dan tidak ada kartu yang bisa dibuat menunggu alien card ku jadi.. oh i feel so unhappy!! i can not go somewhere, even just go to coffee shop and enjoy reading my book there!! Tuhan, benarkah aku sudah mengagungkan uang???benarkah hanya uang yang bisa membahagiakan ku???benarkah?????????

***************

16. Kita sungguh berbeda~

Perjalanan yang sungguh melelahkan, mengambil semua sisa kesabaran, menguji setiap bentuk rasa yang ada~membuat kita kembali bertanya, mampukah kita?kita sungguh berbeda~

************

Aku adalah karakter yang sangat entrovert, kau sungguh karakter yang introvert~sulit kau ungkapkan rasa hati~aku sungguh bisa dengan mudah ungkapkan apapun yang kurasa~

tapi entah mengapa saat kita bersama aku menjadi kau, kau menjadi aku. kerap kali aku tak bisa ungkapkan apapun yang kurasa, aku cenderung diam, berbeda dengan kau yang berusaha tuk katakan apapun yang kau rasa~ kau tau aku terkaget dengan sikap kau yang begitu tegas nyatakan semua rasa~aku terdiam, aku shock!! ahhh benarkah aku rasakan hal yang sama??

ku coba bangun rasa sayang, ku coba bangun rasa cinta~ahh entahlah benarkah kau orang yang tepat untuk semua rasa ini?~tapi disanalah kau berdiri, ketulusan mu hancurkan semua benteng hati~aku katakan ya! saat kau katakan cinta~ aku katakan ya!saat kau katakan bisakah kita jalani kebahagiaan kita?~benteng hati ini luluh dengan tatapan tulusmu penuh cinta~

aku sadar, dengan katakan ya! begitu banyak hal yang akan berubah~mungkin aku harus selamanya tinggal di korea?mungkin aku harus tinggalkan semua yang ada di indonesia? ahh aku tak ingin pikirkan itu semua, yang jelas aku bahagia setiap kita bersama~ahhh oppa, kau tau begitu banyak hal yang akan berubah jika memang akhirnya kita bersama selamanya!??

kau katakan, “we never know our future, the most important is we are happy together and lets enjoy this moment”, “we never know our future, the most important is i love you and you love me, lets see what happen next”…..

kita sadar kita berdua sedang belajar bersinergi dengan segala perbedaan kita berdua~aku masih belajar bagaimana susahnya bahasa korea, budaya korea, masakan korea dan keluarga mu,~kau pun masih belajar bagaimana belajar bahasa inggris, budaya indonesia, islam dan segala hal tentang aku dan keluarga…ahhh sungguh setiap aku tau saat itu pula aku sadar kita sungguh berbeda~ ahh benarkah kita bisa?? sungguh kita jauh berbeda~~

tapi sekali lagi penuh tulus kau katakan, rasa cinta kita bisa atasi semua perbedaan yang ada~~aku terdiam, aku hanya berdoa semoga ini benar adanya….

*************

 

 

 

15. Are you the one?

kau dan aku, hanya kau dan aku, seias sekata, jalani semua tuk sama sama bahagia…..

*********

Tak sengaja dipersimpangan jalan kita bertemu, sangat sederhana!Aku ingin belajar bahasa korea, kau ingin belajar bahasa inggris. Obrolan kita pun nyaris teramat sederhana! Hanya seputar cuaca!HAHAHA…setiap hari kau bertanya “How’s the weather?” “How’s the weather?” “How’s the weather?”Bahkan kau punya nada-nada indah ketika kau ucapkan itu. Kau buat aku terpingkal-pingkal karenanya.

Aku pun kerap kali protes!!Hey stop asking about weather!!Go to kma website if you want to know about weather!! ^^ Tapi yah itulah kau, kembali berkata “How’s the weather?” Arghagshaghghghgh&(7(&(^*(*&%^$%….. aku katakan oh MY GOD!!!

Kau begitu perhatian, aku tidak suka kata-kata gombal, pertanyaan-pertanyaan tidak penting!Tapi entah mengapa, aku rasakan kau tulus ingin tau apakah benar aku sudah makan?apakah benar aku sudah cukup istirahat?apakah aku baik-baik saja”?Ahhh aku tak pernah suka pertanyaan standar : sudah makan?apa yang kamu makan?bla bla, tapi kenapa saat kau yang bertanya aku suka!!!^^

Kau begitu misterius, kau hanya cerita “Hows your mean BOS” “HOW difficult is your works” ….tapi ketika aku minta kau bercerita tentang diri kau sendiri, kau katakan “Oh its so difficult to explain”. Tapi entah mengapa aku sabar dengan kecepatan kau bercerita tentang kau!!

Kau begitu matang, kau selalu punya jawaban apa yang harus aku lakukan. Kau selalu bisa membangkitkan semangat saat aku sudah teramaat letih belajar!Kau selalu bisa membuat aku melupakan masalahku, yang ternyata sepele sekali dibanding masalah kau yang teramat besar. Oh andai aku punya jawaban apa yang bisa kau lakukan, tapi itulah kau: kau punya jawaban dan itu membuat aku yakin kau adalah orang yang punya banyak rencana dan visi.

Teringat saat momen ulang tahunku, kau hadiahkan aku momen yang tak pernah bisa kulupakan dalam hidupku. Kau nyanyikan aku LAGU ULANG TAHUN dalam berbagai bahasa…sungguh momen indah dan aku tak bisa berhenti tersenyum sepanjang malam karenanya….

Kau selalu ada saat aku sedih dan senang, kau selalu yang merubah tangisan jadi senyum. Ah aku masih ingat saat malasnya aku berjumpa dengan hari senin, dan kau nyanyikan aku dengan lagu “Happy day song” ciptaanmu,.terdengar lucu dan suaramu menggetarkan hatiku…

sekarang kita putuskan tuk jalani kebersaamaan kita…KITA tahu ini tidak mudah, KITA tahu terlalu banyak perbedaan yang harus diselaraskan,KITA tahu ini sebuah perjalanan yang berliku, tapi KITA putuskan bahwa kita bisa lalui semua!

******

aku bahagia saat kau ada, aku bahagia saat kita bersama, aku bahagia….Oppa, are you the one???